Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26016
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPulungan, Nurliana Hakim-
dc.date.accessioned2024-11-11T10:26:07Z-
dc.date.available2024-11-11T10:26:07Z-
dc.date.issued2024-09-10-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26016-
dc.description.abstractPembelajaran tematik dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang optimal dan maksimal. Pembelajaran tersebut akan mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi karena dorongan dari dalam diri siswa dapat menarik motivasi untuk belajar. Namun, pada kenyataannya semangat belajar beberapa siswa belum maksimal sehingga aktivitas belajar juga belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya minat terhadap suatu pembelajaran atau mata pelajaran tertentu, kemampuan belajar siswa yang belum maksimal, adanya pengaruh dari luar, dan lebih suka bermain. Salah satu upaya dilakukan yaitu menggunakan media poster dalam pembelajaran. Poster menjadi salah satu bagian proses belajar mengajar dalam sebuah lembaga pendidikan. Perilaku efektif siswa yang timbul dalam menggunakan media poster adalah adanya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru menggunakan media poster pada saat proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum menggunakan media poster pada pelajaran IPA kelas IV SD 064978 Medan. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara media pembelajaran dengan minat siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 064978 Medan Denai yang berlokasi di Jl. Manunggal Kelurahan Denai , Kecamatan Medan Denai, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket minat belajar IPA yang berisi 40 pertanyaan dan dokumentasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sd SD 064978 Medan dengan sampel seluruh populasi. Dari hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar 72,199 dan t tabel 1,664 t hitung > t tabel artinya ada pengaruh yang signifikan media poster terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064978 Medan Denai. Peneliti meyakini media poster yang dikembangkan ini dapat menjadi solusi dalam pengembangan media pembelajaran interaktif yang melatih kreativitas siswa dan minat belajar siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Posteren_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectIlmu Pengetahuan Alamen_US
dc.titlePengaruh Media Poster Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Siswa SD 064978 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURLIANA HAKIM PULUNGAN_2002090120.pdf6.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.