Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25995
Title: | Studi Komparasi Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Analisa Komponen dan Metode AASHTO 1993 Jalan Provinsi Desa Kuala Tanjung |
Authors: | Fahrezi, Muhammad |
Keywords: | Lalu Lintas;Kontruksi Jalan;Ketebalan Perkerasan |
Issue Date: | 5-Oct-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Arus lalu lintas yang lancar memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk di Kabupaten Batubara, khususnya di Ruas Jalan Provinsi Jurusan Simpang Sono (Akses Inalum), Desa Kuala Tanjung. Infrastusktur jalan yang baik dan memadai menjadi salah satu faktor penentu kelancaran mobilitas barang dan orang, yang secara langsung berpengaruh terhadap efisiensi logistik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kualitas konstruksi jalan pada segmen Sta. 0+000 – Sta. 1+200, dengan fokus pada ketebalan lapisan perkerasan. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Metode Analisa Komponen dan Metode AASHTO 1993 untuk perkerasan lentur. Berdasarkan hasil perhitungan, Metode Analisa Komponen memberikan ketebalan lapisan sebagai berikut: Lapisan Permukaan 7.5 cm, Lapisan Pondasi Atas 20 cm, dan Lapisan Pondasi Bawah 7.7 cm. Sementara itu, Metode AASHTO 1993 menghasilkan ketebalan yang berbeda, yaitu: Lapisan Permukaan 18 cm, Lapisan Pondasi Atas 11 cm, dan Lapisan Pondasi Bawah 15.44 cm. Perbedaan signifikan dalam ketebalan lapisan antara kedua metode ini menunjukkan bahwa desain perkerasan jalan yang lebih tebal, seperti yang direkomendasikan oleh Metode AASHTO 1993, dapat memberikan daya tahan yang lebih baik terhadap beban lalu lintas, sehingga lebih efektif untuk diterapkan dalam kondisi lapangan di ruas jalan tersebut. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25995 |
Appears in Collections: | Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TUGAS AKHIR MUHAMMAD FAHREZI 2007210154 (2).pdf | 4.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.