Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25968
Title: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI MATA PELAJARAN IPA DI SD IT BUSTANUL ULUM |
Authors: | RIDHA, HAFIZAH |
Keywords: | Media Animasi;Kemampuan Memahami Materi |
Issue Date: | 18-Sep-2024 |
Abstract: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan memahami siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD IT Bustanul Ulum. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, masih terdapat sebanyak 57% siswa dikelas V yang belum mendapatkan nilai tuntas, atau masih dibawah KKM. Hal ini ternyata disebabkan oleh kurangnya variasi belajar yang dilaksanakan dikelas, diketahui bahwa guru dikelas hanya menggunakan pembelajaran berbasis ceramah, sehingga siswa merasa jenuh dan menjadi faktor utama siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajarn Media Animasi terhadap Kemampuan Memahami Materi Pada Mata Pelajaran IPA di SD IT Bustanul Ulum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh siswa kelas IV yaitu kelas IV A dan kelas IV B yang berjumlah 34 siswa, yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.penelitian yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana pada kelas eksperimen siswa akan mendapatkan perlakukan berupa pembelajaran yang menggunakan media animasi, sedangkan kelas kontrol siswa tidak akan diberikan perlakuan seperti halnya dikelas eksperimen Adapun variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah Media Animasi , sedangkan variabel terikatnya (Y) merupakan Kemampuan Memahami Materi. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan Uji Hipotesis Independent Sample Test, yang diawali dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada soal yang akan diberikan kepada siswa, kemudian diuji kembali menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk melihat apakah data yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen atau tidak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jika didefinisikan secara singkat maka terdapat pengaruh positif penggunaan Media Animasi terhadap Kemampuan Memahami Materi Mata Pelajaran IPA di SD IT Bustanul Ulum. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25968 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI RIDHA HAFIZAH.pdf | Full text | 1.35 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.