Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25955
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI BERBANTUAN POWTOON PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI SMP PAB 2 HELVETIA
Authors: WINDA, HAMIDAH BATUBARA
Keywords: Pengembangan;Video Animasi;Powtoon
Issue Date: 10-Sep-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video animasi berbantuan powtoon sebagai upaya meningkatkan minat belajar untuk siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan kelayakan dari video animasi berbantuan powtoon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4- D Model yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMP PAB 2 Helvetia. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti untuk mengetahui kevalidan video animasi yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik dan lembar soal. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan video animasi sedangkan lembar angket respon siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan video animasi dan lembar soal peserta didik digunakan untuk mengetahui keefektifan dari video animasi berbantuan powtoon. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan video animasi sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan kepraktisan video animasi sebesar 98,80% dengan kategori sangat praktis. Kemudian minat belajar siswa mengalami perubahan dari hasil uji praktikalitas yaitu 22 orang memperoleh hasil kriteria artinya video animasi efektif untuk digunakan. Sehingga video animasi berbantuan powtoon yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25955
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
fikss skripsii windaa hamidahhhhhhhhh-1.pdfFull text8.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.