Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25933
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTASYA DESRINDRA, PUTRI DALIMUNTHE-
dc.date.accessioned2024-11-08T01:57:19Z-
dc.date.available2024-11-08T01:57:19Z-
dc.date.issued2024-10-18-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25933-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan layanan bimbingan klasikal tentang kemandirian diri dalam mereduksi kecemasan akademik pada siswa SMA Asuhan Daya. Kecemasan akademik merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, yang ditandai dengan gejala fisik, kognitif, dan emosional seperti kesulitan berkonsentrasi, kurang percaya diri, dan mudah putus asa dalam menyelesaikan tugas akademik. Dalam penelitian ini, layanan bimbingan klasikal diberikan dengan tujuan meningkatkan kemandirian diri siswa, yaitu kemampuan siswa untuk mengatur waktu, bertanggung jawab atas tugas akademik, dan menghadapi tekanan akademik secara mandiri.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Asuhan Daya yang mengalami kecemasan akademik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan klasikal secara signifikan membantu siswa dalam mengurangi kecemasan akademik mereka. Siswa yang mengikuti layanan ini menunjukkan peningkatan dalam kemandirian diri, khususnya dalam hal mengelola waktu belajar, mempersiapkan ujian, dan menyelesaikan tugas-tugas akademik. Kesimpulannya, layanan bimbingan klasikal dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kemandirian diri dan mereduksi kecemasan akademik siswaen_US
dc.subjectLayanan Bimbingan Klasikalen_US
dc.subjectKecemasan Akademiken_US
dc.subjectKemandirian Dirien_US
dc.titlePENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TENTANG KEMANDIRIAN DIRI DALAM MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK SISWA SMA ASUHAN DAYAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi tasya desrindra fixx (2).pdfFull text6.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.