Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25923
Title: | PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN |
Authors: | BELLA, SILFITRI SINAMBELA |
Keywords: | Keterampilan Proses IPA;Media Interaktif;Vidio Animasi |
Issue Date: | 13-Aug-2024 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menganalisis pengaruh media interaktif berbasis vidio animasi terhadap keterampilan proses IPA. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif desain NonequivalentControlGroupDesign pretest-postest, sehingga sampel pada penelitian ini membutuhkan dua kelas yaitu: siswa kelas IV-A dan IV B yang berjumlah 26 orang masing-masing kelas. Instrumen pada penelitian ini yaitu: tes pilihan berganda yang diperoleh dari bank soal. Analisis data penelitian kuantitatif menggunakan prosedur statistik (statistical procedure) atau analisis statistik (statistical analysis). Analisis statistik yang digunakan pada penelitian kuantitatif terbagi atas dua fungsi, yaitu: statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig pada uji Indenpendent Sample T-Test sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasi bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media interaktif berbasis vidio animasi terhadap keterampilan proses IPA. Pada hasil analisis juga ditemukan bahwa penggunaan media interaktif berbasis vidio animasi memberikan pengaruh sebesar 80% terhadap keterampilan proses IPA, sehingga dapat disumpulan bahwa media interaktif berbasis vidio animasi mampu meningkatkan keterampilan proses ilmu pengetahuan alam kelas IV SD |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25923 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ARTIKEL BELLA SILFITRI SINAMBELA (2002090003).pdf | Full text | 2.62 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.