Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25919
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWIDYA, SABELLA-
dc.date.accessioned2024-11-07T04:26:38Z-
dc.date.available2024-11-07T04:26:38Z-
dc.date.issued2024-10-18-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25919-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, yaitu metode pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau jenuh pada siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa selama kegiatan pembelajaran IPAS masih terhitung rendah. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu adakah pengaruh metode Cultural Responsive Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan pada penerapan metode Cultural Responsive Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan yang berjumlah 53 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket minat belajar siswa yang berjumlah 15 item yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 64,77 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 82,96 dengan menggunakan media pembelajaran praktikum. Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode Cultural Responsive Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medanen_US
dc.subjectCultural Responsive Teachingen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePENGARUH METODE CULTURAL RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 01 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Widya Sabela.pdfFull text4.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.