Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2590
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAsih, Kurnia Sari-
dc.date.accessioned2020-03-12T05:22:19Z-
dc.date.available2020-03-12T05:22:19Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2590-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quiz di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learing dan Team Quiz. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Hidayah yang beralamat Jl. Letda Sudjono No 04 Bandar Selamat Medan Tembung Kota Medan Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Qiuz untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas. teknik analisis data terdiri dari data kualitatif fan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 39,29% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 67,03, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 78,58% siswa memehuni ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,10 yang berarti telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga lembar observasi aktivitas siswa menjunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa darik siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 14,22% siswa masuk dalam katagori aktif dan siklus II diperoleh hasil 60,75% siswa masuk dalam katagori aktif. Dengan demikian adapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quiz pada materi memposting jurnal ke buku besar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018en_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectTeam Quizen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quizen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.