Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25886
Title: | Pengembangan Bahan Ajar Pop Up Book Berbasis Permainan pada Pelajaran Ipas Di Kelas Iv Sd Negeri 101903 Lubuk Pakam” |
Authors: | Elazra, Sinestiar |
Keywords: | Bahan Ajar;Pop Up Book;Peserta Didik |
Issue Date: | 7-Aug-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk bahan ajar pop up book berbasis permainan pada pelajaran IPAS di kelas IV. (2) Mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar pop up book berbasis permainan. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan bahan ajar pop up book berbasis permainan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analyze atau Analisis; (2) Design atau Perancangan; (3) Development atau Pengembangan; (4) Implementation atau Penerapan; (5) Evaluation atau Evaluasi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation atau Penerapan, dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar pop up book berbasis permainan pada materi keberagaman budaya indonesia di sekolah dasar. Berdasarkan hasil validasi terhadap bahan ajar pop up book berbasis permainan 94% untuk ahli desain, 97% untuk ahli materi, 86% untuk ahli bahasa, artinya bahan ajar pop up book berbasis permainan masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil kepraktisan terhadap bahan ajar pop up book berbasis permainan untuk respon peserta didik diperoleh nilai 91% dan untuk respon guru diperoleh nilai 97%, artinya bahan ajar pop up book berbasis permainan masuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar pop up book berbasis permainan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25886 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Sinestiar Elazra (2002090083).pdf | 5.22 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.