Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25878
Title: PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SD NEGERI104260 MELATI PERBAUNGAN
Authors: WULAN, RAHMADINI
Keywords: metode pembelajaran cooperative script;hasil belajar siswa
Issue Date: 27-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode cooperative script terhadap hasil belajar IPA pada materi “Siklus Air” dikelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 104260 Melati Perbaungan yang berjumlah 50 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan ialah teknik Sampling Jenuh (Total Sampling), dengan sampel penelitian kelas V-A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument tes yang digunakan adalah lembar test berupa soal pilihan berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji pra syarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji t-test. Hasil penelitian dari analisis uji hipotesis Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa analisis dari metode pembelajaran Cooperative Script memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 , maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar IPA pada materi “Siklus Air” di kelas V SDN 104260 Melati Perbaungan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari rata-rata (mean) hasil belajar IPA pada siswa V-A kelas eksperiman (metode Cooperative Script) sebesar 78,88. Sedangkan rata-rata (mean) hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B kelas control (metode konvensional) sebesar 63, 91
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25878
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WULAN RAHMADINI_2002090191.pdfFull text6.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.