Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25856
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Copy The Master terhadap Kemampuan Menulis Struktur Teks Eksposisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 |
Keywords: | Model Copy The Master;Youtobe;Menulis;Teks Eksposisi |
Issue Date: | 12-Oct-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Copy The Master terhadap Kemampuan Menulis Struktur Teks Eksposisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Kedua bagaimanakah kemampuan menulis struktur teks eksposisi menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2023 2024 dan Apakah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran copy the master terhadap kemampuan menulis struktur teks eksposisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2023 2024. Jenis pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 6 kelas yang berjumlah 174. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes esai yang berisi 1 soal yaitu menulis struktur teks eksposisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis struktur teks eksposisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pelajaran 2023/2024 dengan model pembelajaran copy the master berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 82,64 sedangkan, kemampuan menulis struktur teks eksposisi dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata-rata 55,83. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,95 > 1,67, maka dapat di simpulkan bawah ada pengaruh model pembelajaran copy the master terhadap kemampuan menulis struktur teks eksposisi pada mata pelajaran bahasa indonesia oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pelajaran 2023/2024. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25856 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NURMAIDA.pdf | 6.58 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.