Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25853
Title: Pengaruh Model Scramble Terhadap Motivasi Membaca Siswa Kelas II Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Muhammadiyah 32 Medan
Authors: Gulo, Novantri Angalita
Keywords: Model Scramble;Motivasi Membaca
Issue Date: 10-Sep-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penggunaan model pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa namun demikian motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh dicarikan guru dalam menentukan dan memilihmodel pembelajaran.Untuk mengantisipasi masalah tersebut yang berkelanjutan maka perlu pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menggunakanmodel pembelajaran scramble, model ini merupakan model pembelajaran yang lebih menekankan pada proses belajar dalam kelompok, Dalam model pembelajaran ini guru akan membantu siswa menemukan dan saling berinteraksi antara satu sama lain. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Menurut Sugiyono, penelitian eksperimen dapat dikatakan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan SPSS terdapat pengaruh antara model Scramble terhadap motivasi membacasiswa diperoleh thitung (7,581) > ttabel (1,684), dengan taraf signifikan 0,000< 0,05. Nilai 7,581 lebih besar dari 1,684menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model Scramble terhadap motivasi membacasiswa.Sebelum diterapkan model maka dapat dilihat bahwa untuk kelas Kontrol Pre Test, nilai tuntas sebanyak 5 orang, nilai tidak tuntas sebanyak 16 orang. Untuk kelas Kontrol Post Test nilai tuntas sebanyak 8 orang, tidak tuntas sebanyak 13 orang.Sesudah diterapkan model dapat dilihat bahwa untuk kelas Eksperimen Pre Test, nilai tuntas sebanyak 11 orang, nilai tidak tuntas sebanyak 10 orang. Untuk kelas Eksperimen Post Test nilai tuntas sebanyak 19 orang, tidak tuntas sebanyak 2 orang.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25853
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NOVATRI ANGALITA GULO.pdf6.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.