Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25837
Title: | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPPITY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PANTUN PADA SISWA KELAS VII SMP HANG TUAH 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 |
Authors: | AMANDA, SALY |
Keywords: | Media Pembelajaran Flippity;Kemampuan Menulis Teks Pantun |
Issue Date: | 25-Sep-2024 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flippity terhadap kemampuan menulis teks pantun pada siswa kelas VII SMP Hang Tuah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Pada penelitian ini terdapat sampel yaitu siswa kelas VII-2 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas pretest dan posttest design. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis. Adapun nilai rata- rata yang diperoleh siswa kelas VII-2 (sesudah) menggunakan media Flippity yang berjumlah 26 siswa adalah 89,03 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai rata- rata siswa (sebelum) menggunakan media Flippity yang berjumlah 26 siswa adalah 48,84 dengan kategori kurang. Dari hasil nilai yang didapatkan terdata 8 siswa (26%) dengan kategori baik, 4 siswa (20%) dengan kategori cukup, 3 siswa (17%) dengan kategori kurang dan 11 siswa (37%) dengan kategori sangat kurang. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks pantun sesudah menggunakan Dari paparan di atas hasil hipotesis membuktikan nilai rata-rata kelas VII-2 sesudah menggunakan media Flippity sebesar 89,03 lebih tinggi dari hasil rata-rata siswa sebelum menggunakan media Flippity sebesar 48,84. Dari uraian terssebut, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media Flippity terhadap kemaampuan menulis teks pantun pada siswa kelas VII SMP Hang Tuah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25837 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SALY AMANDA.pdf | Full Text | 5.2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.