Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25811
Title: Pengaruh Model Problem Based learning terhadap kemampuan Menentukan Pesan Pada Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2023/2024
Authors: Oktaviansyah, Putri Aulia
Keywords: Problem Based Learning;Menentukan Pesan Pada Teks anekdot
Issue Date: 18-Oct-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based learning terhadap kemampuan Menentukan Pesan Pada Teks Anekdot oleh siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah 60 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dikelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan Problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu menentukan pesan pada teks anekdot sesuai tema, menentukan struktur, isi, bahasa, kebahasaan dan kesan umum pada teks Anekdot. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa menentukan pesan pada teks anekdot dengan menggunakan problem based learning memperoleh nilai rata-rata 81,9 dengan kategori baik, sementara siswa yang tidak menggunakan Problem Based Learning memperoleh nilai rata rata 46,8 termasuk ke dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji-t diterima bahwa thitung>ttabel yaitu 23,27>2,01. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signitifikan penggunaan problem based learning menentukan pesan pada teks anekdot oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25811
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PROPOSAL PUTRI YANG CANTIK 4.pdf3.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.