Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2579
Title: Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Madrasah Aliyah Swasta Lab IKIP AL-Wasliyah Medan
Authors: Dongoran, Nisra Kurnia
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru;Hasil Belajar Siswa;Minat Belajar Siswa
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Akuntansi Madrasah Aliyah Swasta Lab. IKIP Al- Wasliyah Medan T.A 2016/2017 dan Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Madrasah Aliyah Swasta Lab. IKIP AlWasliyah Medan T.A 2017/2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Akuntansi Madrasah Aliyah Swasta Lab. IKIP Al- Wasliyah Medan T.A 2016/2017 dan Apakah Ada Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Madrasah Aliyah Swasta Lab. IKIP Al-Wasliyah Medan T.A 2017/2018”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Lab. IKIP Al – Wasliyah Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa , dengan sampel adalah seluruh siswa kelas X akuntansi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yaitu angket minat belajar sebanyak 20 item dan angket keterampilan mengajar sebanyak 40 item. Analisis data menggunakan regresi linier, uji koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan Penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa . Ini dibuktikan dengan nilai korelasi r = 0,732. Dan Tabel r Product Moment untuk N = 30 diperoleh r tabel = 0,349. Karena rhitung (O,732) > rtabel (0,349) dan bahwa keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Ini dibuktikan dengan nilai korelasi r = 0,829. Dan Tabel r Product Moment untuk N = 30 diperoleh r tabel = 0,349. Karena rhitung (O,829) > rtabel (0,349). Nilai thitung adalah sebesar 5,685. dengan derajat kebebasan t = n-2 = 30-1 =29, dengan α 5%, maka thitung> ttabel (5,685 >1,699) sehingga hipotesis diterima dan Nilai thitung adalah sebesar 7,83. dengan derajat kebebasan t = n-2 = 30-1 =29, dengan α 5%, maka thitung> ttabel (7,83 >1,699) sehingga hipotesis diterima. Hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh harga α = 18,25 dan b=0,77, maka Y=18,25+0,77X dan hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh harga α = 14,54 dan b=0,88 maka Y=14,54 +0,88X
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2579
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.