Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2577
Title: Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Media Aplikasi Accounting App Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Authors: Nopriyanti, Eli
Keywords: Media Pembelajaran Accounting App “Akuntansi Excel”;Motivasi Belajar;Jurnal Umum
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Accounting App “Akuntansi Excel” sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Ak 2 SMK YPK Medan; dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI Ak 2 SMK YPK Medan setelah menggunakan media pembelajaran Accounting App “Akuntansi Excel”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, media aplikasi Accounting App “Akuntansi Excel” dinilai kelayakannya oleh 2 ahli materi (guru), 1 ahli media, dan 25 orang siswa. Pengukuran motivasi dilakukan terhadap 25 siswa kelas XI Ak 2 SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan Accounting App “Akuntansi Excel” : 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design) 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation). Tingkat kelayakan Accounting App “Akuntansi Excel” sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rerata skor 3,50 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata skor 2,95 yang termasuk dalam kategori Layak. Penilaian kelayakan media oleh siswa diperoleh rerata skor 3,34 yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian, Accounting App “Akuntansi excel” ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil peningkatan motivasi belajar dengan menghitung skor masing- masing setiap aspek diperoleh sebelum pembelajaran siswa yang termotivasi hanya 73% tetapi setelah dilakukan dengan menggunakan media aplikasi Accounting App meningkat sebanyak 15% sehingga peningkatan motivasi belajar siswa menjadi 88%. Dengan demikian, media aplikasi Accounting App “Akuntansi Excel” efektif untuk meningkatkan motivasi belajar.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2577
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.