Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2575
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSitanggang, Desi Triana-
dc.date.accessioned2020-03-12T04:30:39Z-
dc.date.available2020-03-12T04:30:39Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2575-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar Akuntansi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas X Ak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK IRA Medan yang beralamatkan di Jl. Pertiwi No.111/53B kl. Bantan, kec. Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak di SMK IRA Medan, yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan hasil belajar Akuntansi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes adalah alat atau prosedur yang digunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal (essay). Observasi yang dilakukan adalah observasi aktivitas siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil tes, pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar Akuntansi siswa sebesar 46.67% (kriteria rendah). Pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar Akuntansi siswa mengalami peningkatan menjadi 86.67% (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa akuntansi kelas X SMK IRA Medan tahun pelajaran 2017/2018en_US
dc.subjectKeaktifanen_US
dc.subjectTeam Asissted Individualization (TAI)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.