Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2574
Title: Pengaruh Model pembelajaran ARIAS Setting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK YPK Medan
Authors: Hardini
Keywords: Model Pembelajaran ARIAS Settting Kooperatif Tipe Jigsaw;Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasiil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS Setting Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetennsi dasar Jurnal Khusus Pada Perusahaan Dagang pada siswa kelas XI SMK YPK Medan T.P 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK YPK Medan yang beralamatkan di Jl.Sakti Lubis Gg.Pegawai No.8 Medan. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 33 orang. Teknik pengembilan sampel yang digunakan adalah Total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI AK 1 yang berjumlah 33 orang sebagai sampel penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 item, dan angket yang berjumlah 15 item yang terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi. Dari hasil analisis data di peroleh bahwa nilai untuk variabel X =7,079. Untuk n = 33, diperoleh dk = n-2 = 33 – 2 = 31. Dengan α = 0,05, diperoleh = 1,696, karena > yaitu 7,079> 1,696 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model PembelajaranARIAS Settting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar. Dari perhitungan regresi linear sederhana diperoleh persamaan : Y= a + bX, maka Y = 30,476 + 0,947X. ini menunjukan bahwa setiap peningkatan variabel X (model pembelajaran ARIAS setting kooperatif tipe jiqsaw) sebesar 1%, maka akan terjadi peningkatan variabel Y (hasil belajar) sebesar 94 %. Nilai koefisien determinasi Sebesar 0,618 menujukan bahwa model pembelajaran ARIAS setting kooperatif tipe jiqsaw mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,618 x 100% = 61,8%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2574
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.