Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25734
Title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Muhamaadiyah 32 Medan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Authors: Sianturi, Meilin Etika
Keywords: Model Pembelajaran Terpadu;Kemampuan Berpikir Kritis
Issue Date: 21-Aug-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitin ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa siswa kelas V SD Muhammadiyah 32 Medan dalam proses pembelajaran berlangsung, hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran, sehingga siswa jenuh dan kurang memahami makna dari pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitiana ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Model penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V A, B, C, SD Muhammadiyah 32 Medan yang terdiri dari 65 siswa. Pengambilan Sampel menggunakan tehnik purposive sampling, dimana Sebagian populasi (Kelas V A) yaitu 25 siswa dijadikan sebagai sampel. Variabel bebas (X) dari penelitian ini ia;ah Model Pembelajaran Terpadu, variable terikat (Y) adalah kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T- Test yang didahului dengan uji validitas dan reliabilitas pada instrument. Hasil riset didasarkan atas hasil pengolahan data, yaitu mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Berarti <0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa bahwa “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 32 Medan.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25734
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FILE PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TERHADAP.pdf8.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.