Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25732
Title: Analisis Strategi Mentor Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa Rusunawa UMSU
Authors: Nasution, Samarotul Fuadiah
Keywords: Strategi Mentor dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an;Kualitas hafalan Mahasiswa
Issue Date: 12-Oct-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mentor dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur‟an mahasiswa rusunawa umsu sesuai dengan hasil temuan peneliti yaitu mentor menggunakan strategi pengulangan ganda yaitu ketika mentoring mahasiswa diberitahukan untuk mengulang kembali hafalan Al-Qur‟an yang telah di hafal kemudian menyetorkannya kepada mentor,tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafal benar-benar hafal Hal ini untuk mengkuatkan hafalan Al-Qur‟an mahasiswa, hafalan Al-Qur‟an disetorkan pada seorang mentor agar mahasiswa tidak mudah lupa ketka menghafal Al-Qur‟an. Kualitas hafalan Al-Qur‟an mahasiswa rusunawa umsu ini sesuai dengan hasil temuan peneliti dapat dikatakan baik walaupun masih ada mahasiswa yang kurang lancar bacaannya, tajwidnya dan makhrojnya.hal itu dikarenakan latar belakang mahasiswa yang berasal bukan dari pesantren.Faktor pendukung Dukungan dan fasilitas dari pimpinan rusunawa, Adanya kegiatan tahsinul Qur‟an yang diajarkan oleh ustadz ridho S.Pd yang membantu mahasiswa dalam memperbaiki bacaan Al-Qur‟an mahasiswa baik tajwid makraj serta panjang pendeknya. Faktor Penghambat masih saja bercerita saat mentoring sehingga menggangu kegiatan mentoring yang sedang berlangsung, ketika mentoring masih ada mahasiswa yang tidak mendengarkan ketika temannya membaca Al-Qur‟an sehingga ketika gilirannya mereka mengaji mereka kebingungan, Hambatan yang lain juga di temukan mahasiswa yang malas dalam menghafal Al-Qur‟an sehingga kegiatan mentoring tersebut tidak optimal.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25732
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2001020102.pdf5.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.