Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25716
Title: Analisis Semiotika Pada Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Edisi: Pencegahan Stunting 60 Detik
Authors: Lubis, Audrey Fanni
Keywords: Semiotika Charles Sanders Pierce;Iklan Layanan Masyarakat;Pencegahan Stunting;Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Issue Date: 18-Oct-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang masih dihadapi Indonesia, dengan dampak signifikan terhadap pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak-anak. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi selama kehamilan dan masa balita, serta minimnya pengetahuan orang tua terkait kesehatan dan gizi sebelum dan sesudah kehamilan. Dampak jangka panjang stunting tidak hanya memengaruhi kesehatan anak, tetapi juga kualitas sumber daya manusia di masa depan, sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang serius dari berbagai pihak. Pencegahan stunting dapat dilakukan melalui berbagai strategi, salah satunya adalah melalui edukasi masyarakat. Iklan layanan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya ini dengan berfokus pada perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat, terutama orang tua. Edukasi mengenai pentingnya pemenuhan gizi, pola asuh yang tepat, akses ke layanan kesehatan, serta menjaga sanitasi yang baik menjadi kunci utama dalam mencegah stunting. Di era digital, platform seperti YouTube menjadi salah satu media efektif untuk menyebarkan informasi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah merilis iklan layanan masyarakat berdurasi 60 detik berjudul "Pencegahan Stunting" melalui YouTube, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan stunting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut dengan menggunakan metode kualitatif. Analisis semiotika Charles Sanders Peirce digunakan untuk mengkaji tanda (sign), objek (object), dan interpretan (interpretant) dalam setiap adegan iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini berhasil menyampaikan pesan informatif yang kuat mengenai peran keluarga dan masyarakat dalam mencegah stunting. Diharapkan, pesan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan stunting dan mengubah perilaku masyarakat menuju pola hidup yang lebih sehat.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25716
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AUDREY FANNI LUBIS.pdf4.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.