Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25701
Title: Implementasi Kegiatan Kajian Ibadah Dalam Peningkatan Pengetahuan Fiqih Pada Mahasiswi Di Rusunawa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Authors: Putri, Elsa Melina
Keywords: Implementasi;Kajian Ibadah;peningkatan pengetahuan fiqih
Issue Date: 12-Oct-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif terhadap kegiatan kajian ibadah yang dilaksanakan oleh Rusunawa UMSU dalam upaya meningkatkan pengetahuan fiqih mahasiswi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kata-kata dan tindakan untuk memahami suatu fenomena yang dialami oleh objek penelitian secara ilmiah atau pada konteks dari suatu keutuhan, pada penelitian ini menggunakan instrumen kegiatan kajian, sehingga menggunakan jeis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang disimpulkan bahwasanya dengan diadakannya kegiatan kajian ibadah ini berdampak positif terhadap mahasiswi dengan meningkatnya pengetahuan fiqih mahasiswi, terbentuknya karakter yang baik, meningkatkan iman dan taqwa, serta meningkatnya kualitas beribadah. Kegiatan kajian ibadah ini dilaksanakan setiap satu kali seminggu dengan pemateri yang berbeda, pemateri kajian ibadah yang juga merupakan dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang tentunya sudah berkompeten dibidangnya. Kegiatan kajian ibadah ini diisi dengan materi shalat fardhu, shalat jenazah, materi umum dan materi adabul mar‟ah. Metode pembelajaran yang digunakan pada kegiatan kajian ibadah ini ialah metode ceramah, tanya jawab, sharing season, evaluasi, serta menggunakan media belajar seperti ppt dan infokus.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25701
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2001020136_Elsamelinaputri.pdf1.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.