Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2569
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSimamora, Desi Ratnasari-
dc.date.accessioned2020-03-12T04:12:36Z-
dc.date.available2020-03-12T04:12:36Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2569-
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Ak SMK PAB 8 Sampali . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap minat dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar menyiapkan jurnal / ke dalam jurnal khusus. Siswa kelas XI SMK PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI Ak yang berjumlah 38 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 18 item angket dan 9 item pre test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil analisis minat belajar diperoleh skor sebelum menggunakan model pembelajaran Mind Mapping 56,18 dan standar deviasi 8,19, sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh skor 59,55 dan standar deviasi 8,24. Kemudian hasil belajar dari pre test diperoleh nilai rata – rata 71,05 dan standar deviasi 10,28, sedangkan hasil belajar dari post test diperoleh nilai rata – rata 85,39 dan standar deviasi 12,54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan minat belajar diperoleh thitung 7,71 dan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,005, dengan db = N – 1 = 37 = 1,687 dengan demikian thitung > ttabel ( 7,71 > 1,687 ), maka ada peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Selanjutnya uji hipotesis kedua ( hasil belajar ) diperoleh thitung 12,80 dan ttabel = 1,687, dengan demikian thitung > ttabel ( 12,80 > 1,687 ), maka ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Mind Mapping.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Mind Mappingen_US
dc.subjectMinaten_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di SMK PAB 8 Sampalien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.