Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25699
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAhdi, Wafiatul-
dc.date.accessioned2024-10-30T10:51:43Z-
dc.date.available2024-10-30T10:51:43Z-
dc.date.issued2024-08-27-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25699-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pada mata pelajaran PPKn pada kelas V MIS Fastabiqul Khairat Paluh Kurau dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas V A MIS Fastabiqul Khairat Paluh kurau yang berjumlah 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar PPKn dengan menerapkan model role playing. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 9 siswa yang tuntas dengan klasikal 42,85% sedangkan terdapat sebanyak 12 siswa dengan klasikal 57,14% yang tidak tuntas dalam pembelajaran PPKn. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa yang tuntas dengan klasikal 85,71% dan terdapat sebanyak 3 siswa yang tidak tuntas dengan klasikal 14,28%. Karena secara klasikal telah mencapai 85,71% siswa yang tuntas maka penelitian ini dikatakan berhasil.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Role Playingen_US
dc.subjectWawasan Kebangsaan PPknen_US
dc.titlePenerapan Model Role Playing pada Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Siswa Kelas V MIS Fastabiqul Khairaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi-(Wafiatul Ahdi)-2002090034.pdf7.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.