Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2565
Title: Pengaruh Model PBL (Pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa SMK PAB 8 Sampali
Authors: Tanjung, Doli Kurniawan
Keywords: Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning);Hasil Belajar Akuntansi;Pendekatan Scientific Learning
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AP 2 SMK PAB 8 Sampali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AP 2 di SMK PAB 8 Sampali tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK PAB 8 Sampali yang beralamat di Jl. Pasar hitam No 69 sampali Provinsi Sumatera utara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa. Sampel penelitian ini diambil berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 1 kelas sebanyak 33 siswa. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 19 soal dan tes tertulis sebanyak 10 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji kualitas data, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dari hasil uji korelasi diperoleh rxy sebesar 0,929. Untuk n = 33 , diperoleh dk = n -2 = 31. Dengan α = 0,05, diperoleh rtabel = 0,2913. Berarti rxy (0,929) > rtabel (0,2913). Ini menujukan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat signifikan antara X (model pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning) dan Y (hasil belajar akuntansi siswa). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,863 menujukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,863 x 100% = 86,3%. Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar 13,996. Untuk n = 33, diperloleh dk = n-2 = 33 – 2 = 31. Dengan α = 0,05, diperoleh ttabel = 1,696. Karena nilai thitung (13,996) > ttabel (1,696), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning terhadap hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan : Y = 38,715 +0,662X. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk model pembelajaran Problem Based Learning) dengan Pendekatan Scientific Learning), maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,662
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2565
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.