Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2563
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI-2 AP SMK Bina Satria
Authors: Wahyuni, Ira
Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Power Point;Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Akuntasi Siswa Kelas XI-2 AP SMK Bina Satria Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi menghitung mutasi dana kas kecil. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-2 AP SMK Bina Satria. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Satria yang beralamat di Jln. Marelan IX No. 1 Tanah enam ratus, Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Bina Satria. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XI-2 AP yang berjumlah 36 orang. Instrument yang digunakan adalah essay test yang terdiri dari 8 intem valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Sebelum melakukan analisis maka terlebih dahulu melakukan uji persyaratan analisis yang terdiri dari menentukan nilai rata-rata, simpangan baku, homogenitas, uji normalitas dan hipotesis. Dari hasil data pre test diperoleh rata-rata 72,06 dan simpangan baku 9,25 sedangkan untuk data post test diperoleh nilai rata-rata 78,47 dan simpangan baku 12,40. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas dari data hasil belajar. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh yaitu (5,368<1,994) . Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI-2 AP SMK Bina Satria Tahun Ajaran 2017/2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2563
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.