Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25565
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurjannah, Putri-
dc.date.accessioned2024-10-23T09:27:16Z-
dc.date.available2024-10-23T09:27:16Z-
dc.date.issued2024-10-06-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25565-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi bahwa proses pembelajaran PPKn kurang menarik, dianggap sepele, monoton, dan dikaitkan dengan aspek-aspek lain yang tidak diinginkan. Guru kelas III SDN 066057 Medan Denai ini berpendapat, rendahnya minat siswa dalam mempelajari PPKn disebabkan oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran, yakni hanya mengandalkan bahan cetak seperti buku teks. Kurangnya keberagaman materi pembelajaran ini mengakibatkan berkurangnya semangat dan kebosanan dikalangan siswa selama mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah membuat media Boardbook dengan menggunakan metodologi kontekstual guna menilai kelayakan suatu produk berdasarkan validasi instrumen. Penelitian ini berfokus pada penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D Thiagarajan dan Semmel versi modifikasi, yang telah disederhanakan menjadi model 3D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, dan pembuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Boardbook yang berbasis pendekatan kontekstual dan fokus pada tanggung jawab dan hak saya di rumah pada kelas III SD Negeri 066057 Medan Denai telah terverifikasi oleh validator media profesional. Temuan tersebut diperoleh dari persentase kelayakan produk sebesar 90,90% yang masuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan penilaian validator ahli materi, proyek ini memiliki persentase kelayakan sebesar 97,77% dan dikategorikan “sangat layak”. Hal ini menunjukkan bahwa jika dilihat dari keseluruhan perspektif, proporsi media Boardbook berbasis metode kontekstual termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectBoardbooken_US
dc.subjectMetode Kontekstualen_US
dc.titlePengembangan Media Boardbook Berbasis Metode Kontekstual Pada Kewajiban Dan Hakku di Kelas III SDN 066057 Medan Denaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL PUTRI NURJANNAH.pdf2.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.