Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25548
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Yudistira, Vira | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-22T11:02:41Z | - |
dc.date.available | 2024-10-22T11:02:41Z | - |
dc.date.issued | 2024-08-27 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25548 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung yang berjumlah 179 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5 yang berjumlah 31 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretetest posttest design. Instumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini yaitu tes esai atau tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata 50,80 yang dikatakan kurang. Siswa yang memperoleh kategori baik sebanyak 1 siswa (3,23%), siswa yang memperoleh kategori cukup sebanyak 12 siswa (38,71%), siswa yang memperoleh kategori kurang sebanyak 7 siswa (22,58%), dan siswa yang memperoleh kategori sangat kurang sebanyak 11 siswa (35,48%). Kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata 82,74 yang dikatakan sangat baik. Siswa yang memperoleh kategori sangat baik sebanyak 21 siswa (67,74%), siswa yang memperoleh kategori baik sebanyak 6 siswa (19,36%), dan siswa yang memperoleh kategori cukup sebanyak 4 siswa (12,90%). Berdasarkan uji hipotesis dengan membandingkan thitung dengan ttabel dengan taraf signifikasi 5%. Maka dk = N - 1 = 31 - 1 = 30 diperoleh thitung (11,91) ttabel (1,697). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Model Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Sabilina Tembung Tahun Pembelajaran 2023/2024 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Vira.pdf | 4.43 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.