Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25534
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRizki, Mhd-
dc.date.accessioned2024-10-22T09:53:59Z-
dc.date.available2024-10-22T09:53:59Z-
dc.date.issued2024-10-12-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25534-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bil qolam dalam aktivitas membaca Al-Qur‟an siswa SMP YPMA Medan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya metode bil qolam yang dilakukan oleh guru Al Qur‟an di SMP YPMA Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan/verifikasi). Tekhnik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis disimpulkan bahwa persiapan pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode bil qolam belum mengacu pada buku panduan bil qolam, pengelompokan kelas Al-Qur‟an di SMP YPMA Medan berdasarkan tingkatan kelas saja. Pada buku panduan bil qolam persiapan dilakukan dengan mengadakan placement tes atau pengelompokan kelas sesuai dengan kemampuan siswa. Pengelompokan kelas terbagi menjadi 2 yaitu kelas tahqiq, dan kelas tartil. Pada kelas tahqiq siswa harus melalui 4 tahap pembelajaran yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok jilid1, jilid 2, jilid 3, dan jilid 4. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP YPMA tidak memiliki target bacaan bil qolam sesuai dengan panduan. Evaluasi yang dilakukan guru Al-Qur‟an belum menggunakan buku panduan bil qolam, di SMP YPMA Medan evaluasi yang dilakukan adalah penilaian harian, UTS, dan UAS. Sedangkan evaluasi pada buku panduan bil qolam penilaian terbagi menjadi penilaian harian, penilaian mingguan, dan kenaikan jilid.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectmetode bil qolamen_US
dc.subjectmembaca Al-Qur‟anen_US
dc.titleImplementasi Metode Bil Qolam Dalam Aktivitas Membaca Al-Qur’an Siswa SMP YPMA Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIZKI.pdf1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.