Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2550
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK di SMK Tarbiyah Islamiyah
Authors: Rahayu, Yuliana
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific;Hasil Belajar Akuntansi
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK di SMK Tarbiyah Islamiyah tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK yang berjumlah 38 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 15 item dan tes tertulis sebanyak 10 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji hipotesis, anlisis regresi liner sederhana, dan koefisien determinasi. Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar 13,274. Untuk n = 38, diperloleh dk = n-2 = 38 – 2 = 36. Dengan α = 0,05, diperoleh ttabel = 1,688. Karena nilai thitung (13,274) > ttabel (1,688), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan : Y = 41,878 + 0,773X. Ini menunjukan bahwa setiap peningkatan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific 1%, maka akan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 77%. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,830 menujukan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,830 x 100% = 83%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2550
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.