Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25485
Title: Metode Pembelajaran Tipe Jigsaw: Implementasi Pada Siswa Kleas IV MIS Teladan Guppi
Authors: Hasibuan, Susi Aslamyah
Keywords: Metode Tipe Jigsaw;Hasil Belajar Siswa;PTK
Issue Date: 29-Aug-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini diawali dengan wawancara awal antara peneliti dengan guru kelas IV MIS Teladan Guppi, yang mengungkapkan bahwa sebagian siswa belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keberhasilan Penerapan Metode Tipe Jigsaw yang efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PPKn di Mis Teladan Guppi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitannya adalah siswa kelas IV sebanyak 25 siswa (17 siswa perempuan dan 8 siswa laki- laki). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Penerapan Metode Tipe Jigsaw efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn di Mis Teladan Guppi, hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa sebelum penerapan (pra-siklus) hanya terdapat 28% (7 siswa) yang mampu melewati nilai KKM, kemudian pada siklus I nilai siswa dinyatakan meningkat dan menunjukkan sebesar 52% (13 siswa) telah memiliki nilai tuntas. Selanjutnya pada tahap akhir yaitu siklus II terjadi peningkatan signifikan, sebesar 92% (23 siswa) sudah melampaui batas KKM. Sementara itu, hanya 8% (2 siswa) yang masih belum mencapai nilai tuntas atau tidak melampaui batas KKM. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode JIGSAW efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25485
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal.pdf1.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.