Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2546
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAprillia, Ayu-
dc.date.accessioned2020-03-12T03:01:21Z-
dc.date.available2020-03-12T03:01:21Z-
dc.date.issued2017-03-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2546-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teachingterhadap hasil belajar, 2) Untuk mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar, 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara Kemandirian Belajar dan model pembelajaran Reciprocal Teaching Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya kemandirian belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia yang terdiri dari dua kelas dengan sampel sebanyak 73 siswa, 36 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Masing-masing siswa di tiap kelas dikelompokan kembali berdasarkan kemandirian belajar yang dimilikinya. Sehingga terbentuk 2 kelompok berbeda di tiap kelas yakni kelompok kemandirian rendah dan kelompok kemandirian tinggi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukan nilai untuk pengaruh model pembelajaran sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis kedua menunjukan nilai untuk pengaruh kemandirian belajar sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis yang ketiga menunjukan nilai untuk pengaruh interaksi sebesar 1,000 < 0,05 yang berarti tidak terdapat interaksi antara kemandirian belajar dan model pembelajaran reciprocal teaching kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.subjectModel Reciprocal Teachingen_US
dc.subjectKemandirian Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X SMK PAB 2 Helvetiaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.