Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25447
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Fathini Shofura-
dc.date.accessioned2024-10-16T10:34:22Z-
dc.date.available2024-10-16T10:34:22Z-
dc.date.issued2024-08-13-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25447-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan belajar pada siswa. Siswa belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga siswa sangat rendah dalam melakukkan peroses pembelajaran ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari strategi pembelajaran scaffholding terhadap keterampilan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064965 Sidodame. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064965 Sidodame yang berjumlah 53 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 53 siswa dengan mengambil kelas V A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas V B yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dna uji homognitas) serta uji –t (hipotesis). Hasil dalampenelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran scaffholding berpengaruh terhadap keterampilan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064965 Sidodame, dilihat ari hasil analisis uji hipotesis (uji independent t-test) diperolehnya hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Ini membuktikan bahwa adanya pengaruh strategi pembelajaran scaffholding terhadap keterampilan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064965 Sidodame. Hasil analisis data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya perlakuan (tretmen) penggunaan strategi pembelajaran scaffholding yaitu sebesar 63,85. Sedangkan padasiswa dikelas ekperimen yang diberikannya perlakuan (treatmen) menggunkan strategi pembelajaran scaffholding memperoleh nilai rata rata 84,18. Maka dari itu siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran scaffholding memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tanpa menggunakan strategi pembelajaran scaffholdingen_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Scaffholdingen_US
dc.subjectKeterampilan Belajaren_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Scaffholding Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 064965 Sidodamen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_FATHINI SHOFURA HASIBUAN_2002090129.pdf5.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.