Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25438
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAfni, Yulia-
dc.date.accessioned2024-10-15T10:44:55Z-
dc.date.available2024-10-15T10:44:55Z-
dc.date.issued2024-09-10-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25438-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Visualization, Intellectualy) terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) rata-rata 43,61 termasuk ke dalam kategori sangat kurang atau gagal. Sedangkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) rata-rata 75,27 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 13,24 > 1,666 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectSAVIen_US
dc.subjectMenganalisis Struktur dan Kebahasaanen_US
dc.subjectTeks Eksplanasien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Yulia Afni (2002040045).pdf7.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.