Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25409
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSuwardi, Tria Ermayani-
dc.date.accessioned2024-10-14T10:04:39Z-
dc.date.available2024-10-14T10:04:39Z-
dc.date.issued2024-08-27-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25409-
dc.description.abstractTeknologi telah berkembang pesat di berbagai bidang, salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan teknologi yakni dunia pendidikan. Perkembangan teknologi komputer dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web dengan pendekatan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan efektif serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D atau 4-P yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Budi Agung Medan kelas VIII sebanyak 15 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web dengan pendekatan etnomatematika yang telah dikembangkan mendapat presentase penilaian sebesar 93% dari validator ahli media dengan kriteria sangat valid dan presentase penilaian dari ahli materi sebesar 87% dengan kriteria sangat bagus atau sangat valid. Sedangkan menurut respon siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 86% dengan kriteria sangat menarik.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectTeknologien_US
dc.subjectPengembangan Media Pembelajaranen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.