Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25388
Title: Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Penyandang Autis Di SLB TALENTA Perdagangan Kabupaten Simalungun Terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar
Authors: Simamora, Dwi Framita
Keywords: komunikasi interpersonal;kreativitas belajar;autis;alat bantu visual
Issue Date: 22-Aug-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap peningkatan kreativitas belajar pada siswa autis di SLB Talenta Perdagangan Kabupaten Simalungun. Penelitian ini penting karena komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua dapat mempengaruhi perkembangan akademik dan sosial anak autis secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diisi oleh 40 orang tua siswa autis. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden puas dengan komunikasi interpersonal yang ada, dengan 70% menunjukkan kepuasan tinggi. Namun, 30% merasa komunikasi belum optimal. Penelitian juga menemukan bahwa komunikasi tatap muka lebih disukai dibandingkan media digital, dan komunikasi interpersonal yang baik memiliki dampak positif terhadap perkembangan sosial dan akademik siswa. Faktor kedekatan emosional antara guru dan orang tua juga berperan penting dalam efektivitas komunikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbaikan dalam teknik komunikasi dan investasi dalam alat bantu visual serta teknologi pendidikan dapat meningkatkan kreativitas belajar anak autis secara signifikan.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25388
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR DWI FRAMITA SIMAMORA 2003110004.pdf5.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.