Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25379
Title: Strategi Komunikasi Krisis PT Shapa Semesta Alam Dalam Pelayanan Administrasi Ekspedisi Muatan Kapal Laut
Authors: Jayanti, Reni
Keywords: Strategi Komunikasi Krisis;Pelayanan Administrasi Ekspedisi Muatan Kapal Laut;PT. Shapa Semesta Alam
Issue Date: 22-Aug-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi krisis PT Shapa Semesta Alam dalam pelayanan administrasi ekspedisi muatan kapal laut (EMKL). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SCCT (Situational Communications Crisis Theory) yang juga digunakan PT. Shapa Semesta Alam dalam menangani krisis komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus sebagai bagian dari penelitian deskriptif kualitatif. Tenkik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis information interaktif yang didapatkan dengan cara wawancara mendalam dengan informan kunci PT. Shapa Semesta Alam. Penelitian ini menunjukkan walaupun objek penelitian tidak memiliki unit khusus Public Relations tetapi telah menjalankan peran dan fungsi Public Relations dalam komunikasi krisis. Strategi komunikasi krisis dilaksanakan secara terencana dan sistematis pada 3 fase krisis yaitu: Prakrisis, Krisis dan Pasca krisis. Manajemen krisis Accommodative Strategy dengan Rectification sebagai taktik strategi komunikasi krisis. Hal ini ditunjukkan dengan penggunaan komunikasi langsung dengan customer
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25379
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RENI JAYANTI.pdf1.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.