Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25371
Title: | EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS |
Authors: | OCTAVIA, PUTRI NEVA |
Keywords: | Bimbingan Kelompok;Teknik Brainstorming;Kecemasan Akademik |
Issue Date: | 22-Aug-2024 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Brainstrorming Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Akademik Siswa Kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMA Swasta PAB 8 Saentis, peneliti menggunakan 8 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui tingkat kecemasan akademik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya penurunan pada tingkat kecemasan akademik siswa setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok, maka dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik brainstorming efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan akademik pada siswa. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan Probabilitas Asymp. Sig. (2 tailed) siswa pada kelompok eksperimen sebesar 0,012 probabilitas dibawah alpha 0,05 dimana(0,012<0.05) dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples diperoleh nilai Asymp Sig kurang dari alpha (0,001<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Brainstorming efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMA swasta PAB 8 Saentis |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25371 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI (2)-2.pdf | Full Text | 4.92 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.