Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25362
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HIDAYAT, TAUPIK | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-11T02:14:29Z | - |
dc.date.available | 2024-10-11T02:14:29Z | - |
dc.date.issued | 2024-08-23 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25362 | - |
dc.description.abstract | Korupsi merupakan masalah serius yang mengancam integritas sosial dan politik di Indonesia. Pendidikan, khususnya melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), memainkan peran penting dalam membentuk karakter generasi muda yang berintegritas dan beretika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PKN dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Badar, Aceh Tenggara. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam menanamkan nilai anti korupsi pada siswa melalui mata pelajaran PKN di SMA Negeri 1 Badar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PKN di SMA Negeri 1 Badar menggunakan berbagai metode pengajaran yang komprehensif dan interaktif, seperti diskusi kelompok, studi kasus, simulasi peran, dan proyek penelitian. Metode ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai integritas, transparansi, dan etika, serta menghubungkan konsep-konsep ini dengan kasus nyata korupsi di masyarakat. Selain itu, kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat turut memperkuat pendidikan nilai-nilai anti korupsi ini. Evaluasi pemahaman siswa dilakukan melalui berbagai metode, termasuk ujian tertulis, presentasi kelompok, dan refleksi diri, yang memastikan internalisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan anti korupsi ini mempersiapkan siswa untuk menjadi agen perubahan yang berintegritas dan bertanggung jawab dalam membangun masyarakat yang lebih bersih dan adil di masa depan. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru PKN dalam mempromosikan nilai-nilai anti korupsi melalui pendidikan yang holistik dan aplikatif. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Pendidikan Kewarganegaraan | en_US |
dc.subject | Nilai Anti Korupsi | en_US |
dc.subject | Metode Pengajaran Interaktif dan Pembentukan Karakter Siswa | en_US |
dc.title | PERAN GURU PKN DALAM MENANAMKAN NILAI ANTI KORUPSI PADA SISWA MELALUI PELAJARAN PKN KELAS XI SMA NEGERI 1 BADAR, KUTA CANE, ACEH TENGGARA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pancasila and Civic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Taupik Hidayat 2002060001.pdf | Full Text | 4.35 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.