Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25240
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIA, IRAWAN-
dc.date.accessioned2024-09-30T03:03:03Z-
dc.date.available2024-09-30T03:03:03Z-
dc.date.issued2024-08-01-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25240-
dc.description.abstractU-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melakukan putar balik arah. Namun dengan adanya U-turn, kecepatan kendaraan dari arah yang sama maupun yang berlawanan akan melambat bahkan berhenti sehingga mengakibatkan perubahan arus lalu lintas. Dalam perencanaan median disediakan pula bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u–turn. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja U-turn serta tingkat pelayanan jalan yang dilengkapi dengan fasilitas U-Turn, menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn, kecepatan kendaraan saat melakukan U-Turn dan panjang antrian yang melakukan aktifitas U-Turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metode PKJI 2014. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn 22,27 detik dengan kecepatan kendaraan sebesar 8,33 km/jam, dengan antrian saat melakukan u-turn sepanjang 34 meter. Dengan tingkat pelayanan C.en_US
dc.subjectU-turnen_US
dc.subjectwaktu tempuhen_US
dc.subjectkecepatanen_US
dc.subjectantrianen_US
dc.subjectdan tingkat pelayanan jalanen_US
dc.titleANALISIS PENGARUH GERAK PUTARAN BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN RING ROAD GAGAK HITAM MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
T.A. RIA IRAWAN.pdfFull text2.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.