Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25233
Title: | POLA KOMUNIKASI GURU MELALUI LAGU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI UPT. SD NEGERI 07 BROHOL |
Authors: | SUWITA, DIFHANY |
Keywords: | pola komunukasi;pendidikan;metode lagu;semangat belajar |
Issue Date: | 22-Aug-2024 |
Abstract: | Pola komunikasi merupakan struktur yang cenderung tetap berdasarkan kebiasaan suatu kelompok dalam berinteraksi, bertukar informasi, pikiran maupun pesan lainnya yang digambarkan dalam pola sederhana yang sistematis. Penelitian ini ialah untuk mengetahui pola komunikasi guru melalui lagu dalam meningkatkan semangat belajar siswa di UPT. SD Negeri 07 Brohol. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru melalui lagu di UPT. SD Negeri 07 Brohol.dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penrlitian menunjukkan bahwa terdapat tiga polak komunikasi yang digunakan guru melalui pembelajaran lagu yaitu pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah dan pola komunikasi multi arah. Pola komunikasi satu arah terjadi secara langsung yaitu sebelum pembelajaran berlangsung dimana guru menjelaskan materi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran melalui lagu. komunikasi dua arah dengan melibatkan siswa secara aktif dalam menyanyikan lagu dan mengikuti gerakan tubuh sederhana yang telah dipraktikkan guru di depan kelas. pola komunikasi multi arah terjadi melalui sesi tanya jawab, Latihan/quiz dan evaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25233 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SUWITA DIFHANY LUX.pdf | Full text | 7.41 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.