Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25217
Title: ANALISIS ISI TINDAKAN KEKERASAN PADA WEBTOON WEAK HERO CLASS MENGGUNAKAN TEORI CHARLES SANDERS PEIRCE
Authors: SANYA, MARCELLA CHAN
Keywords: Webtoon;Serial,;Platform_Digital,;Kekerasan,;Semiotika_Charles_Sanders_Peirce.
Issue Date: 22-Aug-2024
Abstract: Perkembangan teknologi yang pesat telah menjadi tantangan bagi industri film untuk beradaptasi. Serial yang ditayangkan dalam platform internet dengan judul Weak Hero class merupakan adaptasi dari sebuah Webtoon Korea Selatan Weak Hero dengan mengangkat tema kekerasan di sekolah. Penelitian ini berfokus pada jenis tindakan kekerasan yang menghasilkan makna dan nilai-nilai dalam serial Weak Hero Class. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Charless Sanders Peirce dengan segitiga makna yaitu tanda, objek, interpretant. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi dengan cara mengamati setiap adegan yang ada pada setiap scene. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa serial ini tidak disarankan untuk anak di bawah umur 18 tahun karena banyaknya kekerasan, terdapat 12 scene yang menunjukkan kekerasan pada episode 1, sedangkan pada episode 8 terdapat 7 kekerasan. Kedua episode ini memiliki jenis kekerasan secara verbal berupa umpatan, dan kekerasan non-verbal berupa mencekik leher, memukul, melempar sepatu, dan menusukkan pena, serta kekerasan menyakiti diri sendiri (self harm) dengan cara menampar diri sendiri dan memukul kaca jendela, tindakan tersebut dipengaruhi oleh dampak psikologis yang mengakibatkan emosi yang tidak stabil.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25217
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SANYA MARCELLA CHAN.pdf4.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.