Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25215
Title: | STRATEGI PENGUATAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU DI SLB SYAFIQ |
Authors: | FATTAHILLA, MAJID |
Keywords: | Tunarungu;Sekolah;Keberfungsian Sosial |
Issue Date: | 22-Aug-2024 |
Abstract: | Anak berkebutuhan khusus sebagian mereka yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental atau sensorik dalam jangka waktu lama, yang berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan orang lain. Anak tunarungu yang mendapatkan dukungan memadai menunjukkan keterampilan sosial yang lebih baik, memungkinkan mereka untuk berinteraksi lebih efektif dengan orang lain. Penelitian ini dilakukan di SLB Syafiq informasi kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru SLB Syafiq, informasi utama yaitu orang tua siswa tunarungu di SLB Syafiq. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka, observasi dan wawancara. Data yang didapat di lapangan kemudian dianalisis oleh peneliti yang dideskripsikan dengan pendekatan kualitatif. Hingga akhirnya dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menggaris bawahi pentingnya pendekatan holistik yang mencakup aspek komunikasi dan kepercayaan diri dalam upaya mengoptimalkan keberfungsian sosial anak tunarungu strategi yang digunakan di SLB Syafiq mencakup pengembangan komunikasi non-verbal dan pembentukan kepercayaan diri. Kombinasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa tunarungu, terlihat dari peningkatan kemampuan mereka dalam berinteraksi, baik dengan sesama siswa tunarungu maupun dengan anak-anak normal lainnya. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25215 |
Appears in Collections: | Social Welfare Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI FATTAHILLA MAJID .pdf | 3.11 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.