Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25203
Title: PENGARUH ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN
Authors: OCTAVIA, DENISA
Keywords: Aplikasi Assemblr Edu;Pemahaman Konsep Matematika
Issue Date: 22-Aug-2024
Publisher: umsu
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah assemblr edu berpengaruh terhadap meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Swasta Budi Agung Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Budi Agung Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan aplikasi assemblr edu. Berdasarkan dari uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka dari itu diperoleh keputusan tolak H0 dengan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada data pre-test dan post-test kemampuan pemahaman siswa pada kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa pada kelas kontrol mampu memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil uji koefisien determinasi diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,257 (25,7%), ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi yang didapatkan dimana variabel independent yaitu aplikasi assemblr edu memiliki pengaruh terhadap variabel dependen kemampuan pemahaman konsep sebesar 25,7%. Artinya koefisien determinasi variabel bebas (X) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat (Y).
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25203
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Denisa Octavia 2002030024.pdfFull Text5.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.