Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2518
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMunthe, Arum Dini-
dc.date.accessioned2020-03-12T01:37:11Z-
dc.date.available2020-03-12T01:37:11Z-
dc.date.issued2017-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2518-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK YWKA Medan T.P 2016/2017. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa masih rendah, siswa kurang aktif ketika dalam proses kegiatan belajar-mengajar (KBM), siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran, malas bertanya, tidak fokus pada mata pelajaran yang disampaikan serta model pembelajaran belum bervariasi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK YWKA Medan T.P 2016/2017. Adapun yang menjadi populasi peneliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK YWKA Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 36 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Pada penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Eksperimen semu adalah jenis komparasi yang membandingkan pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (Kelas intervensi) serta melihat besar pengaruh perlakuannya, Untuk memperoleh data dan gambaran yang sebenarnya mengenai topik penelitian ini, maka penulis memakai tes tertulis sebagai alat pengumpul data. Tes tertulis adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rata-rata, standar deviasi, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa hasil pre-test siswa menunjukkan bahwa mean yang diperoleh adalah 60,14 sedangkan variansi yang diperoleh adalah 64,98. Hasil post-test siswa dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick menunjukkan bahwa mean yang diperoleh adalah 80,00 sedangkan variansi yang diperoleh adalah 21,43.Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 12,820 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk = n – 2 = 36-2 = 70 taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,994 dan ternyata thitung > ttabel (12,820 > 1,994) maka Ho di tolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar pengantar akuntansi siswa kelas XI SMK YWKA Medan Tahun Ajaran 2016/2017”.2014/2015en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Sticken_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YWKA Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.