Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2511
Title: Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together Untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Sma Swasta Bandung
Authors: Nasution, Rina Sahrona
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions;Numbered Head Together
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laporan keuangan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bandung yang beralamat Jalan Pengabdian Bandar Setia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 30 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi siswa dan tes hasil belajar berbentuk essay tes. Dari hasil angket menunjukkan bahwamotivasi belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I motivasi belajarsiswa hanya mencapai 26,66% dari seluruh jumlah siswa di kelas XI IPS kemudian pada siklus II menjadi 93,33% . sedangkan pada post test siklus I nilai siswa menjadi 46,66%. Kemudian pada post test siklus II nilai siswa menjadi 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi pada materi laporan keuangan Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran akuntansi. Kata kunci : Kolaborasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2511
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Analisis Common Size Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Adhi Karya Medan.pdf490.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.