Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2509
Title: Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Indeks Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK-BM Swasta Budisatrya Medan
Authors: Agustina, Maulinda
Keywords: Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Indeks
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengaruh model Make A Match berbantuan Media Kartu Indeks terhadap hasil belajar Akuntansi pada siswa kelas X SMK-BM Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 . Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan jenis desain posttest-only control group design. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK di SMK Swasta Budisatrya Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas (71 siswa). Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X AK2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 30 soal yang terlebih dahulu diuji cobakan. Untuk kelas eksperimen yang diberikan dengan model pembelajaran Make A Match diperoleh nilai rata-rata post-tes sebesar 86,72 dan standar deviasinya 7,47 sedangkan untuk kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata post-tes sebesar 82,44 dan standar deviasinya 6,67. kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, dimana t hitung = 10,7 sedangkan t tabel = 1,994 pada taraf nyata 0,05 dk =(39 + 32 – 2 ) = 69 karena t hitung > t tabel maka diperoleh adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Make A Match dengan berbantuan Kartu Indeks terhadap hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar menyiapkan jurnal dikelas X AK SMK Swasta Budisatrya Medan T.P. 2016/2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2509
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.