Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2505
Title: Penerapan Strategi Think Talk Write dengan Menggunakan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X pada SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA
Authors: Lestari, Suci
Keywords: Strategi Pembelajaran Think Talk Write;Media Kartu Soal
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah dengan penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 32 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi di kelas X SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk subjektif tes terstruktur dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan rata-rata kelas dan tingkat ketentuan belajar. Adapun hasil penelitian pada siklus I dengan nilai ratarata 80,94 dari 32 siswa ada 20 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan di siklus ke II dengan nilai rata-rata 87,41 dari 32 siswa ada 29 siswa yang sudah memenuhi ketuntasan belajar. Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa ternyata penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dengan menggunakan Media Kartu Soal dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa dan juga aktivitas belajar siswa dalam belajar Akuntansi. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara klasikal setelah menerapkan strategi pembelajaran think talk write dengan menggunakan media kartu soal dari 80,94% pada siklus I , kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat memuaskan dengan tingkat ketuntasan 87,41%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2505
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.