Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/249
Title: Perbedaan Pendekatan Konstruktivis Dan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Smp Muhammadiyah 01 Medan T.P 20192020
Authors: Alvira, Lairani Dwi
Keywords: Pendekatan Konstruktivis;Pendekatan Matematika Realistik
Issue Date: 20-Aug-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara Pendekatan Konstruktivis dengan Pendekatan Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir logis pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII T3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII T4 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest dikelas eksperimen I adalah 47,86 dan nilai ratarata posttest adalah 83,57 hal itu menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan konstruktivis saat proses pembelajaran. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 46,86 dan rata-rata posttest sebesar 78,71 hal itu menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan matematika realistik saat proses pembelajaran. Selanjutnya dilakukan uji t menggunakan uji independen sample t-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan diantara dua pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dan diperoleh nilai thitung sebesar 1,6526 dan nilai ttabel = 1,995. Berdasarkan kriteria pengujian dua pihak nilai thitung terletak diantara -1,995 dan 1,995 (-1,995 < 1,6526 < 1,995), maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara pendekatan konstruktivis dan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir logis siswa dalam pembelajaran matematika materi himpunan di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/249
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.