Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24989
Title: | PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL “GOBAK SODOR” BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA |
Authors: | RANI |
Keywords: | Pengembangan;Permainan Tradisional “Gobak Sodor”;Etnomatematika;Media Pembelajaran;Hasil Belajar |
Issue Date: | 21-Aug-2024 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media permainan tradisional gobak sodor berbasis etnomatematika yang memuat materi bangun datar dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Reseach and Deploment) dengan model prosedural dari Bord and Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi validasi, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi pemakaian, dan produksi masal, namun pada penelitian ini hanya sampai pada pada langkah uji coba produk. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini, maka dilakukaan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pendidikan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Laut Tador dengan jumlah 24 siswa. Hasil validasi produk mendapatkan kriteria valid dengan nilai dari ahli materi 92,5%, ahli media 80,77%, ahli pendidikan 87,5%. Hasil persentase tersebut dikatagorikan “valid” sehingga media dapat di uji cobakan. sedangkan dari persentase respon siswa mendapatkan rata-rata skor sebesar 88,65% masuk dalam katagori “Sangat Setuju” dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan tradisional gobak sodor berbasis etnomatematika ini layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu 83,12% siswa memperoleh nilai ≥ 75 dengan rata-rata keseluruhan siswa mencapai nilai 82,70%. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24989 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI RANI (2002030020).pdf | 10.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.